Puisi


Mungkin kalian semua sudah tau apa sih itu "puisi"? tapi disini saya hanya sekedar membagi pengetahuan untuk yang belum tahu apa sih puisi itu?





Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra singkat untuk menuangkan apa yan ada di pikiran kita, apa yang ada di hati kita, dan apa yang ada di jiwa kita. Dikatakan singkat karena puisi adalah bentuk karya sastra yang paling pendek jika dibandingkan cerpen atau novel.
dan dibawah ini ada beberapa contoh puisi :

Bahagiaku, Dirimu ~
Karya : Adelia Novita Sandy

Ketika hari semakin mencekam
Ku merasa semua 'kan menjadi kelam
Mulut tak mau lagi bergumam
Jiwa dan raga hanya bisa diam

Haruskah aku menyalahkan keadaan
Yang membuatku merasakan kesulitan
Sulit untuk melupakan
semua kenangan

Kapan kau akan kembali?
Disini aku menanti
Sebuah jawaban dari misteri
Yang selama ini aku cari

Aku tahu semua ini nyata
Tapi apa daya ini semua fana
Hanya kesedihan yang sisa
Saat aku kehilangannya

Mengerti aku kah dirimu?
Akankah kau tetap disini bersamaku?
Bersama angin dan cantiknya kupu-kupu
Menutupi segala kesedihanku

Taman ini akan tetap terlihat indah
Saat aku merasa bahagia
Dan kau yg menyerta
Berada disini menyejukkan suasana



Janji kita
Karya:Syeh.A.Qodir Jailani

Kamu selalu melontarkan kata-kata cinta
Padaku pada saat kita bertemu
Tapi akhir-akhir ini kamu selalu
Sibuk dengan urusanmu
Dan tidak memperdulikan keadaanku
Apalah arti dari semua kata cinta
Dan janji yang selalu kamu ucapkan padaku
Tapi kamu selalu sibuk pada dirimu dan urusanmu,
tanpa memperhatikan diriku sedikitpun
Saya berharap kamu dapat mengingat
Semua janji dan kata-kata cinta yang selalu kamu ucapkan
Jika kamu tidak bisa menepati janji yang pernah kamu ucapkan
Jangan pernah sesekali membuat janji padaku
Karena kamu hanya akan menyakitiku
Dengan janji kosong yang kamu buat padaku.

Hujan untuk cinta
Karya : Hafid Kurnia
Hei kau!
jangan menulis lagi!
ketika kau menulis, lara ini menyayat
fisik ini tak mampu menompang semua
hei kau!
jangan membaca lagi!
ketika kau membaca, gerak ku kaku
mata ini tak bisa terpejam karena suaramu
hei kau!
berhentilah!
aku tak tahan!
aku tak tahan!
hei kau!
tolong berhentilah!
hati ini tersayat dalam waktu yang lama!
jangan siksa aku dengan bait bait mu lagi!
tolong lah, tolong lah!
aku sekarat akan makna
aku sekarat akan kemajuan!
sekartat akan harapan!


Hanya sebatas harapan
Karya: Tri Eptaroka Mardiana
Harapan kini tinggal harapan saja…
Kemana dirimu…
Dirimu yang selalu ada buat ku
kau tinggalkan ku tanpa ku tahu alasannya?
Kenapa kau hadir di hidup ku?
Jika hanya menabur luka di hati ku.,
memang kau tak jadi apa-apa bagiku…
Tapi harapan ku sudah terlalu banyak untuk mu..
Harapan untuk menjadi milikmu..
Tapi sekarang..?
Kau justru menghilang begitu saja
jika kau hadir hanya memberi luka.,
mengapa engkau hadir dan memberi harapan cinta bagi ku….


Untukmu yang jauh disana
Karya : Isma wahyuni
dua tahun sudah kita berpisah..
tapi kenapa benak wajahmu selalu menghantuiku….
apakah kamu juag merasakan hal yang sama…
knapa ini harus terjadi….
di saat ku mulai bisa melupakanmu..
pasti kamu akan hadir lagi….
aku ingin kamu jangan hadir lagi di kehidupanku…
kalau itu hanya untuk mengulang dusta…
lupakan aku,,,jauhi aku…..jangan ganggu hidup ku lagi…
mungkin ini sudah yang terbaik bagi ku…
dan ku berharap ini juga yang terbaik bagimu…
tolong jangan hadir lagi di benakku…
walaupun kita sudah berpisah..
ku harap jangan ada dendam atau pun benci di antara kita..
karena itu akan membuat luka bagi kita…
mudah-mudahan kamu bahagia tanpaku..
ya allah bantuku untuk melupakan dia….
setiapku teringat dia
kenapa hatiku ini terasa sakit dan teriris..
seperti di sayat pisau tajam yang baru di asah…
ya allah hanya kepadamu lah ku meminta ampun..
dan hanya kpada mu lah ku berserah diri…
mudah-mudahan ini yang terbaik bagiku dan dan dia….

Kepergian tanpa jejak
Karya : Marlinah
Dimana kamu ??
Yang dulu katanya cinta aku
Dimana kamu yang katanya akan selalu jaga cinta mu
Tak ingatkah kamu dengan semua itu ..
Aku selalu menunggu .
Malam berganti pagi
Ku nanti slalu ku nanti kehadiranmu
Ku lihat jam di dinding,,
Tak terasa jam berganti hari, hari berganti minggu dan minggu pun tlah berganti bulan.
Tapi dimana kamu yang tak kunjung datang ..
Tak ingat kah kamu dengan janjimu dulu.
Tak tau kah kamu, di sini aku menangis, terdiam, termenung dan terluka karena kepergianmu,
Datanglah, AKU MERINDUKANMU



Merenung dan memandang
Karya : dya
Merenung.. dalam Setiap Ucapmu…
Indah..dalam Makna,,,
Memandang kasih sayang dan Cinta yang Kau Berikan..
Begitu Membuai Angan Dalam gelora Asmara….
dan kini aku bisa
Merenung.. dan Memandang…
Pada keindahan dalam cinta dan kasihmu…
menyibak tirai pada kidung suci…
yang akan terus bernyanyi pada hembusan Napas ini…
Tapi Semua.. hanyalah sesaat…
Semua kau jadikan Napsu Semata….
aku jadi bertanya..
apakah cinta dan kasih mu berbalut dengan napsu Semata…
dan adakah dalam Hatimu Bersemayam pada Ketulusan Cinta dan Kasih sayang,,,bukan Napsu…
Aku Hanya Berharap Kelak Kau akan Berikan Kasih sayang dan Cintamu Itu Tulus seperti Ketulusan Cinta ku padamu…


Di Keheningan malam
Karya : Hasyim assari
Di keheningan malam yang dingin merasub jiwa
ak duduk termenung seorang diri,
hanya di temani kesunyian malam dan seberkas cahaya
yang memberi setitik terang dalam hidupku,
kasih
pernahkah engkau melihat ikan yang bergelepar-gelepar karna kekurangan air,
itulah gambaranku,
tegakah engkau melihatnya,
sudikah engkau membiarkanya,
aku menangis tampa air mata menjerit tampa suara,
kasih mudah-mudah han engkau mengerti apa yang ada di hatiku ini

ya itu mungkin hanya beberapa dari sekian banyak puisi-puisi yang ada entah berasal dari buku, internet atau mungkin puisi dari sang pembuat sendiri yang langsung memberikan ke kita. Saya yakin agan-agan semua pasti pernah dong dikirimin puisi oleh pacar, teman(special), adik atau mungklin dari fans yang suka ngirim puisi atau bahkan puisi itu buatan anda sendiri yang jauh lebih bernilai untuk diri anda sendiri dan bisa dibilang membuat kebanggaan tersendiri. dan salah satu dari beberapa puisi yang saya tuliskan diblog ini yaitu buatan adik saya yang bernama Adelia Novita Sandy.
Sumber :
(Adelia Novita Sandy)
(
)






Komentar