Batuan Tertinggi Di Dunia


Monolith Meksiko adalah Batuan Tertinggi Dunia. Berdiri setinggi 433 meter di atas negara bagian Querétaro, wilayah Utara dan Tengah Meksiko, Monumen Alami Peña de Bernal adalah batuan berdiri tertinggi di dunia. 

Monolith ini--fitur geologi besar yang terbuat dari satu batu masif--menandai pintu masuk ke Sierra Gorda, kawasan gunung yang oleh UNESCO dideklarasikan sebagai Cagar Biosfer pada 2001. Baru-baru ini, pada 2009, batu ini disebut Warisan Budaya Dunia Tidak Benda (Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO.    

Meski mendapat berbagai status perlindungan, Peña de Bernal adalah misteri bagi ahli geologi; tak ada yang tahu pasti asalnya, usianya, bahkan komposisi batuannya. 
Sebuah studi yang dipimpin para peneliti di Universitas Otonomi Nasional Meksiko kini menjawab beberapa pertanyaan tersebut.
Temuan tersebut, yang diterbitkan 4 April lalu di jurnal Geosphere, adalah pengukuran akurat pertama tinggi Peña de Bernal. Hasilnya membuat monolith ini jadi yang tertinggi di planet Bumi, melebihi tinggi Rock of Gibraltar di Tanjung Iberia (426 meter) dan Sugarloaf Mountain di Brasil (396 meter). 
Perkiraan awal tinggi Peña de Bernal berkisar antara 288-360 meter, pengukuran susah dilakukan karena kesulitan mencapai puncak batu.
Komposisi batu ini terdiri dari dasit, semacam batu vulkanik; 67 persennya adalah silika, mineral yang tahan terhadap cuaca, dan menjelaskan bagaimana puncak batu bisa menghadapi angin, hujan, dan cuaca. Dasit vulkanik itu membentuk kubah besar yang mendorong ke atas di antara batu-batu lain dan mengeras.
Komposisi kimiawi batu tersebut menunjukkan bahwa monolith tersebut terbentuk di zona subduksi (di mana plat tektonik menyelusup di bawahnya dan tenggelam) dekat batas kontinental. Temuan ini masuk akal karena Peña de Bernal adalah bagian dari Sabuk Vulkanik Meksiko yang terbentuk dalam kondisi serupa.
Kapan semua ini terjadi? Tepatnya 8,7 juta tahun lalu. Perkiraan sebelumnya menyebut Peña de Bernal berusia 34 juta tahun, namun penelitian tersebut menemukan usianya jauh lebih muda.

Sumber:

Komentar