Chelsea Juara Europe League


Amsterdam : Chelsea keluar sebagai juara Europa League musim ini. Gol sundulan Branislav Ivanovic di maa injury time membuat The Blues menang 2-1 atas Benfica pada laga final yang digelar di Amsterdam Arena, Kamis (16/5) dinihari WIB.

Gelar juara Europa League ini menjadi pelipur lara bagi Chelsea karena pada musim ini mereka gagal total di ajang lainnya. Sedangkan Benfica harus menunggu lebih lama lagi untuk berjaya di Eropa setelah terakhir kali menjadi juara 51 tahun lalu.

Pertandingan babak pertama berlangsung sengit. Benfica sempat mendominasi jalannya pertandingan, namun buruknya penyelesaian akhir membuat babak pertama berakhir tanpa gol.
Benfica coba meningkatkan tempo permainan setelah jeda. Aksi Nicolas Gaitan yang bekerja sama dengan Oscar Cardozo masih belum membuahkan hasil karena melebar dari gawang Petr Cech.
Memasuki menit 51, Benfica bisa mencetak gol melalui Cardozo. Sayangnya wasit menganulir gol ini karena pemain Paraguay itu telah lebih dulu terperangkap off-side.
Asyik menyerang, pertahanan Benfica lengah. Justru Chelsea yang bisa unggul lebih dulu kala laga berjalan satu jam. Lewat serangan balik cepat, Torres bisa melewati Luisao dan kiper Artur sebelum menceploskan bola ke gawang kosong.
Keunggulan ini tidak bisa dipertahankan dengan baik oleh Chelsea. Enam menit kemudian Benfica bisa menyamakannya lewat eksekusi penalti Cardozo. Hadiah penalti diberikan setelah Cesar Azpilicueta menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.
Benfica berpeluang balik memimpin di menit 81. Akan tetapi tendangan voli dari luar kotak penalti yang dilepaskan Cardozo dengan gemilang ditepis Cech. Chelsea juga punya peluang di menit 88, sial bagi pasukan Rafael Benitez karena tendangan Frank Lampard membentur mistar gawang.
Di saat pertandingan nampaknya akan berlanjut ke perpanjangan waktu, Chelsea mampu mencetak gol di masa injury time. Umpan penjuru Juan Manuel Mata disambut Ivanovic dengan sundulan akurat yang membuat Artur mati langkah.
Ivanovic hampir menjadi pecundang semenit kemudian. Kegagalannya menghalau umpan jauh nyaris disambar Cardozo. Beruntung bagi Chelsea, Gary Cahill bisa menyapu bola sebelum disambar Cardozo.

Sumber:

Komentar