Gunung Fuji Sebagai Situs Pusaka Dunia


Tokyo (ANTARA) - Badan Penasehat UNESCO merekomendasikan pendaftaran Gunung Fuji sebagai situs Warisan Pusaka Dunia, dengan syarat, pantai di dekatnya tidak termasuk dalam bagian tersebut, televisi Jepang, NHK melaporkan, Rabu. 

Badan PBB itu menyetujui Gunung Fuji tetapi menolak permintaan untuk kota kuno Kamakura. Pejabat pada Dewan Internasional Monumen dan Situs mengungkapkan pada Selasa bahwa keputusan tersebut merupakan hasil dari peninjauan yang dilaksanakan pada Agustus dan September tahun lalu terhadap usulan itu. 

Disebutkan, sangat layak untuk merekomendasikan status Situs Warisan Pusaka Dunia bagi Gunung Fuji yang terletak di prefektur Shizuoka dan Prefektur Yamanashi yang memiliki 33 tempat bersejarah serta panorama yang indah. 
Tetapi mereka menyatakan bahwa kota pantai di kaki gunung tertinggi di Jepang itu, sebaiknya dikeluarkan dari usul yang diajukan oleh Jepang. 
Panel tersebut tidak menyetujui usul atas kota Kamakura beserta 21 kuil dan vihara termasuk patung raksasa sang Budha yang juga diusulkan bersama dengan situs Gunung Fuji. 
Rekomendasi dari Panel Penasehat tersebut mempunyai pengaruh yang besar dalam proses pemilihan UNESCO untuk penetapan Situs Pusaka Dunia. 
Gunung Fuji mungkin secara resmi akan terdaftar pada Juni ketika Komite Situs Warisan Pusaka Dunia UNESCO mengadakan pertemuan di Phnom Penh, Ibu Kota Kamboja. Pemerintah Jepang tidak akan dapat mengusulkan Kamakura lagi jika komite telah menolak permohonan tersebut. 
Sejauh ini Jepang sudah memiliki 12 tempat yang terdaftar sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO dan empat situs Warisan Alam, demikian NHK. 
Berita rekomendasi Badan Penasehat UNESCO ini disambut oleh media massa Jepang dan media internasional yang menyiarkannya pada Rabu. 
Situs BBC menyebut bahwa Gunung Fuji --gunung berapi yang aktif dan merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan ciri khas puncaknya yang nyaris simetris dan selalu tertutup salju itu akan menjadi Situs Pusaka Dunia UNESCO. 
Gunung Fuji dengan ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut adalah gunung tertinggi di negara tersebut. Gunung berapi ini meletus terakhir kali 300 tahun yang lalu, terletak di barat daya Tokyo dan apabila langit cerah, Gunung Fuji bisa terlihat dari Ibu Kota Jepang. 
Gunung tersebut banyak menjadi obyek seni dan budaya antara lain dalam bentuk lukisan cukil kayu (ukiyoe) dan menjadi bagian dari "Tiga Gunung Suci" bersama Gunung Tate dan Gunung Haku di Jepang bagian tengah. 
Badan Budaya Jepang dalam pernyataan pada Rabu mengatakan bahwa Dewan Internasional untuk Monumen dan Situs (Icomos) telah menyetujui Gunung Fuji untuk didaftarkan, tulis BBC. 
Icomos bertanggung jawab terhadap penilaian atas benda-benda budaya yang dicalonkan masuk dalam daftar Pusaka Dunia serta mengajukan rekomendasi dalam pertemuan tahunan, demikian isi laman Icomos. 
Usul dari pemerintah Jepang untuk memasukkan Gunung Fuji dalam Situs Warisan Pusaka Dunia ini meliputi pula situs-situs terkait di sekitarnya termasuk Fukisan Hongu Sengen Taisha, sebuah kuil Jepang dan tempat pemandian air panas Oshino Hakkai, tulis Harian Asahi.

Sumber:

Komentar