Hasil reviews MU vs WBA


Babak pertama

Meski laga digelar di kandang West Bromwich Albion, The Hawthorns, tidak bisa dipungkiri, laga ini adalah milik Sir Alex Ferguson. 

Pelatih Manchester United bersama anak-anak asuhnya melangkah ke tengah lapangan disambut dengan Guard of Honour oleh para punggawa West Brom sebagai tanda penghormatan terhadap sang juara Liga Primer Inggris musim ini, serta kepada Sir Alex yang melakoni pertandingan terakhirnya sebagai pelatih.

Pasukan Setan Merah tampaknya bertekad memberikan pesta perpisahan terbaik bagi pelatih kebanggaan mereka. Shinji Kagawa membawa United unggul ketika laga baru berjalan enam menit. Berawal dari pergerakan Javier Hernandez yang mengejar bola hingga ke pojok lapangan, striker Meksiko melepaskan umpan kepada Kagawa yang sudah menanti di depan gawang. Ben Foster tidak mampu berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya.

Hanya berselang dua menit, tim tamu sukses menggandakan keunggulan mereka. Kali ini, aksi Antonio Valencia yang memaksa Foster kembali memungut bola dari dalam gawangnya setelah umpan silangnya ke tengah kotak salah diantisipasi Jonas Olsson sehingga berujung gol bunuh diri.

Keunggulan dua gol membuat United semakin percaya diri, sementara awak West Brom terus mencari cara untuk membongkar pertahanan Michael Carrick cs.

Sayangnya, alih-alih memperkecil ketinggalan, The Baggies justru semakin jauh tertinggal ketika Alexander Buttner mencetak gol ketiga untuk United usai menyambar umpan Tom Cleverley di sisi kiri kotak. Gol itu membuat Foster terduduk tak percaya menyaksikan timnya tertinggal tiga gol hanya dalam kurun 30 menit.

Chicharito nyaris membawa United unggul empat gol tanpa balas ketika dirinya berusaha menyambar umpan terukur Valencia ke tengah kotak. Namun, peluang itu belum mampu dikonversi Chicharito menjadi gol.

West Brom akhirnya berhasil menceploskan gol balasan di menit 40 untuk memperkecil ketinggalan mereka. Itu setelah James Morrison menyambar umpan Graham Dorrans di tengah kotak untuk menjebol gawang Anders Lindegaard.

Foster memperlihatkan aksi brilian untuk menyelamatkan timnya agar tidak tertinggal lebih jauh lagi. Peluang emas United berhasil digagalkan Foster meski upaya pertamanya menepis bola nyaris membuahkan gol bunuh diri. Beruntung, Foster cepat bangkit dan membuang bola ke belakang gawang.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 3-1 untuk keunggulan United.

Babak kedua

Tertinggal dua gol, Steve Clarke memutuskan menurunkan Romelu Lukaku untuk menggantikan Liam Ridgewell di awal babak kedua. Keputusan yang tepat oleh sang pelatih, karena Lukaku berhasil menambah gol bagi tuan rumah, empat menit setelah diturunkan.

Tendangan kaki kanan Lukaku di menit 50 disambut pekik kegembiraan publik The Hawthorns setelah bintang Belgia memaksimalkan peluang dari Chris Brunt. Ini merupakan gol ke-15 Lukaku bersama West Brom musim ini.

Sayang, kegembiraan itu tidak bertahan lama. United kembali menjauh setelah Robin van Persie menyambar umpan matang Valencia di depan gawang Foster. Mudah saja bomber Belanda menyepak bola untuk membawa Setan Merah unggul 4-2.

Sir Alex pun melakukan pergantian pemain dengan menurunkan Ryan Giggs di menit 60 untuk mengisi posisi Cleverley. Giggs langsung memperlihatkan magisnya dengan menciptakan peluang untuk Hernandez, yang akhirnya mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menambah keunggulan tim tamu menjadi 5-2.

West Brom melewatkan peluang emas untuk kembali mendulang gol di menit 67. Tendangan penjuru Morrison berhasil disambar Olsson dengan tandukan kepala. Namun, meski lolos dari kawalan, Olsson gagal mengarahkan bola ke dalam gawang Lindegaard sehingga kesempatan emas itupun terbuang sia-sia.

Namun, salah besar jika mengira West Brom menyerah begitu saja. Sepuluh menit jelang waktu normal, pendukung tuan rumah dibuat histeris ketika Lukaku mencetak gol keduanya dan membawa The Baggies mengubah kedudukan menjadi 5-3.

Hanya berselang satu menit, pendukung tuan rumah makin menggila ketika Youssouf Mulumbu memperkecil selisih gol menjadi 5-4.

Suasana semakin memanas ketika Lukaku mencetak hat-trick dan membawa West Brom melakukan comeback spektakuler. Euforia membayangi The Hawthorns yang sempat pasrah menghadapi dominasi United. 

Tambahan waktu empat menit tidak mampu dimanfaatkan United untuk menambah keunggulan. Meski bukan hasil yang diinginkan Sir Alex Ferguson dalam pesta perpisahannya, pelatih Skotlandia toh tetap tersenyum menyambut apresiasi pendukung kedua tim di akhir laga.


Sumber:

Komentar