Israel Tembak Anak Dibawah Umur


Jerusalem - Jamal al-Durrah tak lelah menyambangi makam anaknya, Muhammad, di Gaza. Ia selalu gelisah, roh anaknya belum tenang di alam baka.
Israel Bantah Tembak Bocah Palestina 13 Tahun Lalu  
Namanya mendunia saat ia tertangkap kamera tengah memasang badan melindungi anaknya yang saat itu berusia 12 tahun dari tembakan membabi buta Israel. Sang anak tewas tertembak, ia terluka. Foto itu menjadi simbol pemberontakan Palestina kedua, atau Intifada.

Cerita Mohammad al-Durrah juga menjadi sebuah simbol penting dalam perjuangan Palestina. Gambar saat-saat terakhirnya ditampilkan pada perangko di Mesir, Tunisia, Irak, Iran, dan Maroko.
Tiga belas tahun kemudian, kontroversi di balik foto-foto itu terus hidup. Israel mengatakan bahwa narasi palsu kematian al-Durrah telah digunakan untuk membenarkan serangan teroris terhadap Israel dan menggelorakan gerakan  anti-Semitisme di seluruh dunia.
Sebuah komite pemerintah Israel menyimpulkan laporan yang disiarkan oleh media France 2 pada tahun 2000, tidak dapat dibuktikan hanya oleh gambar.
Dalam salah satu artikelnya, media ini menulis, "Di sini Jamal dan putranya Muhammad adalah target serangan berasal dari posisi Israel .... Dalam sebuah tembakan Mohammad tewas dan ayahnya terluka parah."
Ivestigasi terbaru...
Namun, investigasi terbaru yang dilakukan oleh Israel menyebut tidak ada bukti bahwa IDF (Pasukan Pertahanan Israel) dengan cara apapun bertanggung jawab menimbulkan luka-luka pada Jamal atau anak itu."
Israel menempatkan implikasi dari kisah al-Durrah Mohammad dalam konteks yang lebih luas. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan adalah penting untuk mengungkap lagi kejadian itu. Ia menyatakan foto itu telah memfitnah reputasi Israel. "Ini merupakan perwujudan dari yang sedang berlangsung, kampanye pendusta untuk mendelegitimasi Israel," katanya.
Bantahan Israel langsung ditanggapi Jamal al-Durrah. Ia siap untuk menggali lagi kubur anaknya untuk menunjukkan bahwa ia dibunuh oleh peluru Israel, seperti yang dilaporkan pada tahun 2000. "Saya ingin menunjukkan kepada dunia kebenaran, dan saya duduk di depan makam anak saya dan siap untuk menerima komisi investigasi independen internasional termasuk Arab," katanya. "Jika Israel setuju, saya siap untuk membuka kuburannya."
Kameramen Talal Abu Rahma, yang memfilmkan adegan tersebut untuk France 2, dan juga bekerja untuk CNN, menyatakan ia mencoba untuk memahami apa yang terjadi pada hari itu. "Kamera ini tidak berbicara, tapi kamera ini mencatat dengan rekaman," katanya.

Sumber:

Komentar