Ramuan Kopi


Cantik dan Sehat dengan Kopi

Cantik dan Sehat dengan Kopi
Miss Coffee Indonesia 2012, Bianca Beatrice Darmawan adalah penikmat kopi. Dalam sehari, ia setidaknya minum 3 cangkir kopi. TEMPO/Aditia Noviansyah
TEMPO.COJakarta- Miss Coffee Indonesia 2012, Bianca Beatrice Darmawan, mengaku mulai tertarik mengkonsumsi kopi sejak masih berseragam putih abu-abu. Tiga cangkir kopi bisa ia habiskan dalam sehari. Ia beralasan, selain enak, kopi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apalagi kopi hitam tanpa tambahan gula, krimer, maupun susu.

Ditemui di Gandaria, Jakarta, pekan lalu, Bianca menyebut kopi hitam sudah terbukti baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menyatakan kopi bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah parkinson. "Manfaat itu bisa maksimal jika kopi diminum tanpa gula, karena gula malah bisa menyebabkan diabetes," ujarnya.
Lajang 24 tahun itu tak menyangkal, kopi juga bisa menyebabkan munculnya penyakit, seperti maag. Namun hal itu sebenarnya bisa dicegah. Caranya, kata Bianca, dengan meminum kopi setelah makan, dan memilih jenis kopi yang kadar keasamannya tidak terlalu tinggi.
Penyuka kopi arabica Wamena itu menyebut kopi Mandailing sebagai salah satu contoh kopi yang kadar keasamannya tak membahayakan penderita maag. "Itu sebabnya saya juga suka kopi Mandailing. Tapi kalau lagi pengin yang body-nya kental, ya saya pilih Wamena," kata penyuka olahraga bola basket dan menyelam itu.
Selain karena alasan kesehatan, Bianca juga menyukai kopi karena manfaatnya bagi kecantikan. Ampas kopi yang sudah diseduh biasa digunakan Bianca sebagai scrub, karena membuat tubuhnya halus. Selulit pun, ujarnya, juga bisa disamarkan jika telaten menggunakan kopi sebagai lulur.

Sumber:

Komentar