Tradisi Bayern Saat Transfer


Muenchen : Bayern Muenchen ternyata mempunyai misi tersembunyi dalam merekrut bintang Borussia Dortmund, Mario Goetze. Perekrutan Goetze ternyata sebagai salah satu usaha Tim Bavarian untuk menggerogoti kekuatan rival-rival mereka di Bundesliga.

Sudah Tradisi, Transfer Bayern Bertujuan Melemahkan Saingan

Misi Muenchen ini diungkapkan oleh mantan pelatih Die Roten, Ottmar Hitzfeld. Menurut Hitzfeld, langkah Bayern merekrut talenta-talenta hebat dari rival mereka sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Terakhir, mereka mengambil Goetze dari Dortmund.

Goetze yang kini berusia 20 tahun mengejutkan Dortmund, ketika terungkap menggunakan klausa pelepasan di kontraknya senilai 37 juta euro untuk dapat bergabung dengan Bayern, sehingga dapat bekerja di bawah pelatih baru Pep Guardiola.

Gelandang serang itu akan mengikuti jalur yang dipersiapkan Bayern, seperti ketika mereka mendatangkan bek tengah Brasil Dante dari Moenchengladbach dan kiper Jerman, Manuel Neuer dari Schalke 04. Keduanya tiba di Muenchen hanya untuk melihat bekas klub-klubnya mengalami penurunan performa.

"Strategi Bayern Muenchen bukan hanya memperkuat tim mereka sendiri, namun juga melemahkan rival-rival mereka secara langsung. Dan Dortmund adalah kompetitor utama. Maka ini adalah strategi yang sangat jelas," kata Hitzfeld.

Dari sekian banyak contoh, penyerang Karl DelHaye merupakan pemain Bayern pertama yang dibeli untuk melemahkan rival-rival mereka. Karl DelHaye didatangkan dari Moenchengladbach pada 1980 untuk mendapat dirinya hanya menjadi pelapis bagi Karl-Heinz Rummenigge dan Dieter Hoeness.

Demikian pula, bintang muda Jerman Jan Schlaudraff yang didatangkan dari Aachen pada 2007, untuk menggagalkan ia pindah ke klub rival Werder Bremen. Tim Bavaria itu juga mendatangkan penyerang Jerman Miroslav Klose dari Bremen.

Sebelumnya, mantan kapten Jerman Michael Ballack dan pemain Brasil Ze Roberto direkrut dari Bayern Leverkusen yang mencapai final Liga Champions 2002. Leverkusen juga menyelesaikan musim dengan hanya terpaut satu angka dari Bayern di Liga Jerman.


Sumber:

Komentar