Tuntutan dari para buruh


May Day, Ini Tuntutan Buruh  

May Day, Ini 7 Tuntutan Buruh   
TEMPO/Dasril Roszandi
TEMPO.COJakarta - Sebanyak 200 ribu buruh akan berunjuk rasa Rabu hari ini, 1 Mei 2013. Para buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) mengajukan tujuh tuntutan.
"Yang akan turun adalah massa dari KSPI, KSPSI, DAN KSBSI," kata Presiden Konfederensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, ketika dihubungi Tempo, Selasa, 30 April 2013.
Berikut ini adalah tujuh tuntutan para buruh:
Pertama, menolak kenaikan harga bahan bakar minyak karena berdampak pada naiknya harga-harga kebutuhan dasar masyarakat. Ini mengakibatkan daya beli buruh dan masyarakat menurun.
Dengan naiknya harga BBM, menurut Said, otomatis akan mendorong naiknya biaya tempat tinggal mencapai Rp 100 ribu per bulan, biaya angkutan umum Rp 100 ribu per bulan. Selain itu, kebutuhan hidup lainnya yang menyebabkan buruh akan mengeluarkan biaya tambahan mencapai Rp 100 ribu.
Kenaikan 30 persen tersebut tentunya memberatkan buruh karena rata-rata kenaikan upah buruh di daerah hanya Rp 200 ribu. Lain hal di kota-kota besar yang mencapai kisaran Rp 300-800 ribu. MPBI, Said menambahkan, melihat pemerintah tidak pernah serius mengatasi permasalahan BBM. "Realisasinya tidak tepat guna," kata dia.
Selanjutnya, tuntutan kedua terkait upah minimum.

Sumber:

Komentar