ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENGENDALIAN INTERNAL SIKLUS PENGGAJIAN GOSEPA TOUR & TRAVEL


BAB 1
Pendahuluan

LATAR BELAKANG


Dalam era globalisasi saat ini, suatu sistem informasi sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada. Dengan adanya sistem informasi yang baik, maka dapat membuat perusahaan menjadi perusahaan yang bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. Sistem yang baik dan tepat dapat membuat perusahaan berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut. Salah satu sistem informasi yang banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan adalah sistem informasi akuntansi.

Sistem pengendalian internal merupakan salah satu sistem informasi akuntansi yang diterapkan  oleh  perusahaan  dalam  mencapai  tujuan  perusahaannya.  Dalam  mewujudkan sistem perusahaan yang baik dan tepat, dibutuhkannya suatu analisa dan evaluasi. Dimana hal tersebut diharapkan mampu mencegah penyelewengan yang dapat terjadi di dalam suatu perusahan.

Sistem pengendalian internal sangat berguna bagi manajer maupaun dewan-dewan direksi untuk mengambil suatu keputusan dalam menjalankan suatu usahanya. Sistem pengendalian internal di  sini  merupakan sistem  untuk mengolah  sumber daya  yang ada dengan semaksimal mungkin untuk memperoleh keuntungan bagi perusahaan tersebut.

Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh suatu perusahaan demi kelangsungan suatu usaha. Sumber daya manusia sangat berperan penting dalam  menentukan apakah perusahaan tersebut dapat  mencapai  tujuan usahanya dengan baik. Perusahaan membutuhkan karyawan, begitu juga perusahaan membutuhkan karyawan   untuk   operasional   perusahaan.   Karyawan   memerlukan   pekerjaan   untuk memperoleh gaji yang dapat digunakan demi kelangsungan hidup karyawan tersebut.

Menurut T. Hani Handoko (2001:245), gaji sangat penting bagi karyawan sebagai individu karena gaji  merupakan ukuran nilai  karya mereka di  antara  para karyawan itu sendiri, keluarga dan masyarakat. Tingkat pendapatan absolut karyawan akan menentukan skala kehidupannya, dan pendapatan relatif mereka menunjukkan status, martabat dan harganya.

Gaji umumnya dikelola oleh bidang kepegawaian atau personalia. Atau di kelola oleh bidang keuangan. Semua tergantung pada struktur organisasi usaha masing-masing perusahaan. Gaji yang diberikan oleh perusahaan, umunya tergantung dengan pangkat atau jabatan karyawan tersebut dan masa kerja karyawannya. Besarnya gaji dapat mempengaruhi tingkat kinerja karyawan. Oleh karena itu, sistem penggajian pada suatu perusahaan harus mempunyai sistem yang baik dan benar.

Tanpa   adanya   sistem   yang   baik   dan   benar   dalam   pengelolaan   gaji,   dapat menimbulkan manipulasi data gaji yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Dan hal

tersebut dapat mempengaruhi besarnya gaji yang diterima oleh karyawan. Jika gaji yang diterima oleh karyawan dirasa  kurang sesuai  dengan kinerja mereka,  hal  tersebut  dapat mempengaruhi kinerja karyawan menjadi buruk. Dan dapat membuat perusahaan mengalami kemunduran dalam operasionalnya. Oleh karena itu, sistem pengendalian internal pada siklus penggajian sangat diperlukan untuk pengecekan sistem penggajian dalam perusahaan.

Tour&travel merupakan suatu bentuk jasa yang diperlukan oleh masyarakat. Dimana dalam  pengoperasian jasa  ini  juga  memerlukan  tenaga kerja manusia  atau  sumber daya manusia. PT. GOSEPA Tour&Travel merupakan perusahaan yang berkembang pesat dalam bidang jasa. Perkembangan pada perusahaan PT. GOSEPA Tour&Travel ini memerlukan pengawasan yang baik. Sistem pengendalian internal atas siklus penggajian pada PT. GOSEPA Tour&Travel harus memiliki sistem yang baik. Untuk meminimalis tindakan kecurangan-kecurangan yang dapat terjadi. Dan dapat meningkatkan kinerja karyawan perusahaan PT. GOSEPA Tour&Travel.

Berdasarkan hal-hal di atas, penulis mencoba untuk meneliti dan membuat jurnal tentang “Analisis Sistem Pengendalian Internal Siklus Penggajian pada PT. GOSEPA Tour&Travel Surabaya.”

RUMUSAN MASALAH


Berdasarkan uraian latar  belakang di  atas,  maka  dapat  dirumuskan permasalahan bagaimana prosedur penggajian pada PT. Gosepa Tour&Travel Surabaya dan bagaimana sistem pengendalian internal yang terjadi pada siklus penggajian di PT. Gosepa Tour&Travel Surabaya.

TUJUAN PENELITIAN


Tujuan yang diinginkan oleh penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penggajian pada PT. Gosepa Tour&Travel Surabaya dan mengetahui sistem pengendalian internal pada siklus penggajian di PT. Gosepa Tour&Travel Surabaya.
 
BAB 2
Pembahasan



Visi dan Misi PT. Gosepa Tour&Travel


Visi   dari   perusahaan   ini   adalah   membuka   lapangan   kerja   baru   bagi   yang membutuhkan. Dan memberikan pelayanan jasa guna mempermudah masyarakat dalam bepergian. Misi perusahaannya adalah membuka lapangan kerja dengan membuka cabang, mensosialisasikan produk jasa perusahaan dan memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Struktur organisasi


PT. Gosepa Tour&Travel yang berada di Surabaya ini, merupakan kantor pusat perusahaan yang beralamatkan di Jalan Raya Ngagel no. 213 Surabaya. Struktur organisasi pada PT.  Gosepa Tour&Travel ini  begitu sederhana. Perusahaan ini  memiliki  8  cabang perusahaan yaitu surabaya, kediri, ambon dan jakarta. Adapun Struktur Organisasi pada perusahaan ini sebagai berikut: 

Secara garis besar, tugas komisaris adalah bertanggungjawab atas keseluruhan manjemen organisasi perusahaan tersebut. Sedangkan direktur utama bertugas untuk membawahi dan mengarahkan para manajer lainnya dalam melaksanakan tugasnya. Manager operasional bertugas untuk merekrut karyawan dan mengembangkan sumber daya manusia perusahaan. 
Manager Aministrasi bertugas untuk merekap semua daftar gaji yang diterima dari masing-masing cabang perusahaan. Dan sebagai penghubung ke manager keuangan surabaya untuk mengeluarkan gaji karyawan tiap-tiap cabang.
Pimpinan cabang adalah pimpinan yang bertugas menentukan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan dan memastikan tujuannya tercapai. Selain itu sebagai pengawas dan pengendali seluruh tugas karyawan.
Supervisor ticketing adalah betugas untuk menerima keluhan-keluhan dari pelanggan sedangkan ticketing marketing bertugas sebagai pelayan ticket pada konsumen.Ticketing marketing juga harus mengetahui kondisi pasar konsemen dan harus membuat perencanaan penjualan tiket.
Dinas luar pada perusahaan ini bertugas sebagai pengantar ata biasa disebut Tour Guide. Kasir bertugas sebagai pengurus pemasukan dan pengeluaran pada perusahaan, mencatat pengeluaran biaya setiap harinya dan memberikan gaji pada karyawan. Paymewnt adalah bertugas untuk mencetak dan resevasi tiket oleh konsumen. Administrasi bertugas menghitung dan merekap gaji dari tiap-tiap karyawan.

Sumber Daya
Jumlah karyawan yang terdapat dalam perusahaan ini yaitu ada lima belas orang. Rata-rata karyawan pada perusahaan ini yaitu berlatar belakang pendidikan SMK atau SMA. Jam kerja pada perushaan ini yaitu senin sampai sabtu. Dan rata-rata jam kerja yaitu 8 jam per hari.

Jasa yang Ditawarkan Gosepa Tour & Travel
Jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ini yaitu pemesanan tiket kereta, bus, pesawat dan travel. Dan juga perusahaan ini melayani jasa Tour. Cara kerja perusahaan ini berbeda dengan peruahan lainnya. Dimana mereka bekerja samas dengan peruasahaan transpotasi.

Pembayaran Gaji Pada Gosepa Tour & Travel
Gaji yang diterima oleh karyawan didasarkan oleh masa kerja dan juga jabatan. Gaji yang diterima oleh karyawan bukan hanya gaji pokok melainkan tunjangan-tunjangan yang diberikna pada perusahaan. Tunjangan tersebut diberikan berdasarkan masa kerja dan jabatan karyawan.
Di perusahaan ini juga memiliki kebijakan pemotongan gaji pada karyawan perusahaannya. Dan pembayarannya dilakukan pada tanggal 1 di setiap bulannya. Apabila pada tanggal itu adalah hari libur maka perusahaan memiliki kebijakan pembayaran sebelum atau sesudah tanggal tersebut.
Pembayaran gaji pun masih menggunakan sistem automatis yaitu gaji diberikan ke masing-masing rekening yang dimiliki pada karyawan, berbeda dengan perusahaan lain yang mungkin sudah langsung diberikan kepada karyawan tesebut secara langsung. Dan perusahaan memilik kebijakan bagi karywan yang belum memiliki rekenign bank maka akan dibuatkan oleh bank namun ada pemotongan gaji yang diambil untuk biaya pembuatan rekening baru pada bank.

BAB 3
Penutup

Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan Hasil penilitian dan pembahasan Sistem Informasi Akuntansi pada perusahaan Jasa Gosepa Tour & Travel maka dapat disimpulkan bahwa prosedur penggajian karyawan pada perusahaan ini yan terlibat adalah Adminitrasi, Manager Administrasi, Manager Keuangan surabaya dan Kasir. Dan Sistem seperti ini sudah berjalan dan terlaksana dengan baik.
Saran yang saya berikan yaitu untuk daftar gaji karyawan pada PT.Gosepa Tour & Travel bisa diubah otoritasinya dari manager keuangan surabaya kepada manager operasional karena untuk menghindari kecurangan yang dapat terjadi pada bukti kas keluar juga diotoritasi dengan manager keuangan surabaya.

Sumber:
(ejournal.unesa.ac.id/article/1221/57/article.pdf

Komentar